Cara Mengatasi Error Install .NET Framework pada Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10

Cara Mengatasi Error Install .NET Framework pada Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10


     Yooo luama banget saya tidak ngeblog mulai dari UN SMA sampai sekarang akhirnya saya bisa ngeblog lagi ketika sudah akhir semester 1 kuliah. Saya sekarang sudah mahasiswa lho, jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya. Oke, selesai curhatnya saatnya menuju ke pembahasan.
      .NET Framework pastinya buat kalian yang suka berkelana dengan laptop dan PC paling tidak tau lah gimana rasanya kalau tidak ada .NET Framework ini. Nah, tidak perlu saya jelaskan apa itu .NET Framework, karena di sini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi error ketika menginstal .NET Framework 3.5 pada Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Seperti kita tahu sebenarnya pada Windows 8 ke atas .NET Framework 3.5 ini sudah terinstal tetapi perlu dibangunkan dulu istilahnya. Nah, ketika hendak membangunkan/menginstal/mengaktifkan kerja dari .NET Framework 3.5 ini sering terjadi kegagalan atau biasa dikenal error. Biasanya akan muncul kode error 0x800F0906, 0x800F081F, atau 0x800F090. Berdasarkan pengalaman saya, yang paling kuamvret itu kalau sudah dapet kode error 0x800F081F. Buandel sumpah vroh. Dan gara-gara error kode itu juga saya dapat ilmu baru, jadi ya terima kasih juga hahaha.
     Biasanya kan dengan menginstal lewat DVD atau USB dari instalasi Windowsnya dan langsung bisa, tetapi pada kasus yang kita bahas ini cara awal itu tidak berhasil. Nah, sekarang akan saya share beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi error ketika menginstal .NET Framework 3.5 pada Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10.

Cara 1
  • Buka Control Panel > Programs
  • Turn Windows Features on or off


  • Lalu centang seperti ini
  • Tunggu sampai selesai, kalau masih gagal coba cara kedua

Cara 2
  • Kalian kalau install Windows sendiri pastinya masih punya kan DVD atau USB yang dipakai. Kalau file instalasi Windowsnya masih ada coba kalian cari folder "source" kemudian nanti di dalamnya ada folder "sxs". Copy folder "sxs" itu ke local disk C.
    Nb : Untuk yangtidak punya bisa download > 32 bit < dan > 64 bit < itu memang buat Windows 8 ke atas tapi tulisannya win 10, gpp vroh tenang.
  •  Setelah dicopy ke local disk C, rename yang asalnya "sxs" menjadi "net" dan jadilah

  • Setelah itu klik kanan pada tombol start dan pilih  Command Prompt (Admin)
  • Lalu ketik "cd\" tanpa petik dan enter
  • Lalu copykan kode dalam kurung (Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:c:\net /LimitAccess) ke cmd dan enter.

  • Tunggu sampai 100%

Dan itulah caranya. Kalau masih saja muncul error alias gagal mungkin cara terakhir tinggal dengan cara online. Kayak yang di gambar paling atas, nah itu pilih aja install tapi harus ada koneksi internet ya. Terima kasih, semoga bermanfaat untuk yang membaca.

1 komentar:

  1. Cara Mengatasi Error Install .Net Framework Pada Windows 8, Windows 8.1 Dan Windows 10 - Config Hi >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Mengatasi Error Install .Net Framework Pada Windows 8, Windows 8.1 Dan Windows 10 - Config Hi >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Mengatasi Error Install .Net Framework Pada Windows 8, Windows 8.1 Dan Windows 10 - Config Hi >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus